MAGNET DAN GRAVITASI


Belajar ulang tentang magnetisasi dan gravitasi

pernahkah anda berfikir ketika menggunakan konsep globe earth, bagaimana bumi bisa melakukan hal yang kita sebut dengan gravitasi?/gaya tarik bumi.
dengan gaya kemagnetannya??

- menarik kayu,air, kaca ,batu,sepatu, kue,es degan yang tumpah dll dan semua benda non-logam bisa tertarik ke Bawah
- stabil membuat planet planet di luar angkasa beredar dengan tepat diruang hampa tanpa pegangan apapun/holder. karena planet2 yg sama bulet itu sama memiliki gaya magnetisasi. konon segitu jauhnya
- tidak mampu menarik balon gas yg terbang santai, burung yg terbang santai, apakah kekuatan balon dan burung lebih besar dari gaya tarik bumi? ( gravitasi ) fakta segitu dekatnya tdk sejauh pelanet2..
- dll...

gravitasi, dilahirkan dari peristiwa jatuhnya buah apel ke kepala newton?? yg lantas kita percaya..

baik, mulai dulu dengan analogi sederhana-belajar ulang.

dan berikut ini adalah sifat sifat magnet yang umum...


Sifat-Sifat Magnet

Magnet memiliki beberapa sifat-sifat dan karakteristik tertentu. Berikut ini adalah beberapa sifat-sifat magnet beserta penjelasannya.

1. A. Magnet Dapat Menarik Benda Magnetik/Ferromagnetic


Sifat magnet yang utama adalah dapat menarik benda yang berasal dari bahan logam. Meski begitu tidak semua jenis logam dapat ditarik magnet, melainkan besi, baja, nikel, kobalt, dan sebagainya. Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda magnetik.

tapi kok bisa magnet bumi menarik semua benda dibawah ini.. apa kayu plastik benda magnetik.


    B. Sifat diamagnetik

Diamagnetisme adalah sifat suatu benda untuk menciptakan suatu medan magnet ketika dikenai medan magnet. Sifat ini menyebabkan efek tolak-menolak. Diamagnetik adalah salah satu bentuk magnet yang cukup lemah, dengan pengecualian superkonduktor yang memiliki kekuatan magnet yang kuat.

oya, air itu bersifat Diamagnetik lho... tertolak sifat kemagnetannya
coba bikin video eksperimen seperti di bawah ini..


jadi bagaimana bisa air di samudera tetep dibawah aja, tidak semburat beterbangan kemana mana atau melayang layang karena tertolak magnet bumi/ diamagnetic...  nah lho...
katanya magnet bumi kuat ( konsep globe earth ), sampe sampe bisa pengaruhi gerak bulan dan interaksi gaya tarik menarik antar planet segala bla bla bla... trus magnet bulan saat purnama juga pengaruhi air jadi pasang bla bla bla...

harusnya tidak seperti ini jika tertolak gaya magnet bumi
harusnya tidak seperti ini jika tertolak gaya magnet bumi

  apalagi sifat air yg tenang akan selalu datar...


Lalu tanyakan pada logika anda, otak intel anda , apakah bisa seperti gbr d bawah ini akibat tertarik gaya magnet bumi??

kalo ada air bisa melengkung/curvature begitu tunjukkan tempatnya, foto atau video aslinya...
Non NASA.

lalu di keluarga logam sendiri ada yg bersifat diamagnetic, contohnya aluminium, bukannya ditarik magnet, aluminium di abaikan magnet permanent, atau sedikit ditolak..

tapi pada electromagnet/magnet listrik + aluminium = akan jadi terlempar/gaya yg lebih kuat, bahkan meleleh..
tapi itu tdk terjadi di bumi kita.

eksperimen elektromagnet/magnet listrik vs aluminium, diamagnetic


eksperimen elektromagnet vs aluminium = hot/jika diteruskan leleh


LAGI.. magnet listrik VS aluminium - efek panas+levitasi


    C. Sifat Paramagnetic

Pengertian paramagnetik adalah benda-benda yang lemah ditarik oleh magnet. Jadi kalau ditarik tidak menempel dengan kuat alias mudah dipisahkan dari magnet



2. Mempunyai Dua Kutub


Magnet memiliki dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan yang pada kedua ujung-ujungnya. Kutub utara pada magnet disingkat U, atau dalam bahasa Inggris disingkat N yang berarti North. Sedangkan kutub selatan pada magnet disingkat S, dalam bahasa Inggris juga disingkat S yang berarti South.

3. Medan Magnet Membentuk Gaya Magnet


Sifat magnet berikutnya adalah dapat membentuk gaya magnet. Artinya gaya magnet tidak hanya berada pada ujung-ujungnya saja, tapi juga berada pada sekitar magnet. Daerah di sekitar magnet ini lah yang disebut sebagai medan magnet.

4. Dua Kutub yang Sama Akan Saling Tolak, Sedangkan Dua Kutub Berbeda Akan Saling Tarik


Sifat magnet yang cukup unik adalah jika dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan saling tolak menolak. Sementara jika dua kutub magnet yang berbeda didekatkan, maka akan saling tarik menarik. Artinya dua magnet yang didekatkan hanya akan saling menarik jika ujung kutub utara bertemu ujung kutub selatan.

5.Sifat Magnet Dapat Hilang 


Magnet tidak selalu permanen karena sifat kemagnetannya itu juga dapat hilang karena beberapa penyebab. Jika sebuah magnet dipukul-pukul, jatuh terus menerus, dibanting-banting, dipanaskan, atau bahkan dibakar, maka lama-lama sifat kemagnetan pada sebuah magnet akan hilang.

nah kena panas lama lama sifat magnet akan hilang ya...

jika bumi digambarkan punya magnet
hilang dong kena video dibawah ini, kan panas pake buanget..



Jenis-Jenis Magnet
Secara umum ada 2 jenis magnet berdasarkan cara pembuatannya, yakni magnet alami dan magnet buatan. Sedangkan magnet buatan dibagi lagi menjadi magnet tetap atau permanen, serta magnet tidak tetap atau magnet remanen.

1. Magnet Alami


Magnet alami merupakan jenis magnet yang proses pembuatannya terjadi secara alami. Magnet jenis ini sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami tanpa campur tangan manusia. Umumnya magnet alami dapat berupa batu-batuan atau benda lain.

kalaupun ditemukan bebatuan magnetnya, adalah dlam keadaan dingin, tidak panas seperti dlm perut bumi.

2. Magnet Buatan


Magnet buatan merupakan jenis magnet yang proses pembuatannya dibuat oleh manusia. Magnet jenis ini biasanya dibuat dari bahan seperti besi atau baja. Magnet buatan memiliki banyak bentuk, misalnya magnet ladam, magnet tabung, magnet U, magnet silinder, magnet lingkaran, dan sebagainya.

Berdasarkan sifat kemagnetannya, magnet buatan dibagi menjadi dua yakni magnet permanen atau tetap, serta magnet remanen atau tidak tetap.

Magnet permanen (magnet tetap), yaitu magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatan sudah dihentikan.
Magnet remanen (magnet tidak tetap), yaitu magnet yang sifat kemagnetannya hanya sementara tidak permanen dan hanya terjadi saat proses pembuatannya saja.



BERSAMBUNG - part 2 - Bab magnet/gravitasi 2 



ini adalah model gagal dalam menjelaskan perihal gravitasi...
kenapa di atas saya juga mengkaitkan dengan magnet listrik? electromagnetic?
karena terkait bumi itu sendiri&pembahsan di next video atau artikel





Komentar